Indramayu Raih Penghargaan Cukup Peduli HAM Dari Kemenkum HAM RI

Editor: Redaksi author photo
INDRAMAYU - Kabupaten Indramayu kembali meraih penghargaan Hatrick sebagai Kabupaten Cukup Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), hal tersebut berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. diraihnya penghargaan ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya yakni tahun 2016, 2019, dan 2020.

Adapun itu penyerahan penghargaan dilaksanakan Senin lalu, (14/12) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Provinsi Jawa Barat bersamaan dengan Peringatan Hari HAM se-Dunia tahun 2020.

Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat melalui Kepala Bagian Hukum Setda Indramayu, Ali Fikri mengatakan, ada tujuh kriteria dalam implementasi hak asasi manusia yang sudah dilakukan Pemkab Indramayu diantaranya, memenuhi hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perkerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan.

"Pemkab Indramayu akan terus komitmen dengan menjalankan program yang mengedepankan hak masyarakat dan menjadi kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Indramayu", ungkapnya, Selasa, (15/12).

Menurutnya tujuh indikator ini setiap tahun terus di lakukan peningkatan dan akan menjadi kewajiban Pemkab Indramayu kepada masyarakatnya untuk terus masuk kategori Kabupaten Cukup Peduli HAM.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Imam Suyudi mengatakan, tujuan dari penganugerahan Kabupaten/Kota Peduli HAM yaitu untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM serta untuk meningkatkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah kabupaten atau kota.

“Ada tiga kriteria yakni Peduli HAM, Cukup Peduli HAM, dan Kurang Peduli HAM. Setelah kita evaluasi Kabupaten Indramayu salah satu penerima pada kriteria sedang atau Cukup Peduli HAM,” tandas Imam. (KF-25)
Share:
Komentar

Berita Terkini