Kurangnya Kesadaran Masyarakat Kota Cirebon Dalam Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah

Editor: Redaksi author photo
(Toto, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kota Cirebon)

CIREBON - Masih banyak masyarakat Kota Cirebon yang tidak disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, tidak menggunakan masker ditempat umum atau di jalan. Hingga akhirnya Satpol PP Kota Cirebon mengadakan kegiatan operasi.

Kegiatan ini kita laksanakan rutin sebulan sekali dalam rangka penegakan peraturan walikota nomor 28 tahun 2020 terkait penegakan protokol kesehatan. Di depan SMK 2 Kota Cirebon, Kamis (10/12/20).
Toto Selaku Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kota Cirebon mengatakan, "Sasaran adalah masyarakat yang ada di kota Cirebon terutama pemakaian penggunaan masker, jika tidak menggunakan masker kita berikan sanksi sosial berupa membersihkan sampah kemudian kita beri kegiatan fisik berupa pushup, dan lain-lain."

"Sampai saat ini di kota Cirebon belum menerapkan sanksi denda uang arahan dari arahan pimpinan. Kita masih berupa sanksi sosial sambil menunggu peraturan daerah." Imbuhnya.
Toto menambahkan, "Kertas yang diterima oleh masyarakat yang terjaring tidak menggunakan masker, digunakan sebagai data. Kita data nanti dilaporkan sebagai bahan evaluasi kedepannya."

"Kota Cirebon dilonggarkan oleh pemerintah ternyata memang kedisiplinan masyarakat sangat kurang, bisa jadi akan lebih dari 100 orang yang terjaring pada hari ini." Tambahnya.

"Operasi ini tidak mengenal siapa yang menggunakan jalan, semua pengguna jalan baik pejalan kaki, roda dua, roda empat yang tidak menggunakan masker." Ungkapnya.
Salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengatakan, "saya terjaring operasi karena tidak menggunakan masker, padahal maskernya dibawa dan tergantung dileher."

Kegiatan ini didukung oleh beberapa instansi diantaranya dari TNI-Polri Dishub dan penanggulangan bencana.

"Harapannya atas nama pemerintah kota Cirebon yaitu masyarakat lebih disiplin memperhatikan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan" Pungkasnya. (DN-908)


Share:
Komentar

Berita Terkini