Pantau Misa Natal, Bupati dan Forkompimda Kuningan Keliling Gereja

Editor: Redaksi author photo
KUNINGAN - Bupati Kuningan Acep Purnama bersama Wakil Bupati Kuningan, Ridho Suganda dan Sekretaris Daerah Kuningan Dian Rachmat Yanuar, serta unsur Forkopimda melaksanakan patroli bersama pada Kamis malam, (24/12/2020), dengan titik kumpul di Kantor Pemda Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai Operasi Lilin Lodaya-2020 tentang pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat saat perayaan Misa Natal 2020 sekaligus pengecekan kesiapan personel pos pengamanan operasi Lilin Lodaya-2020, 

Selain itu, pelaksanaan patroli dibagi menjadi dua tim, yakni tim 1 yang terdiri dari Bupati Kuningan, Kapolres Kuningan, Sekretaris Daerah Kuningan dan Kejaksaan. 

Sedangkan tim 2 terdiri dari Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD, Dandim 0615/Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama.

Kedua tim tampak solid melakukan monitoring langsung pelaksanaan misa malam natal di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Kuningan. 

Adapun gereja dan Pos Lilin Lodaya-2020 yang dimonitoring adalah Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Gereja Pantekosta di Indonesia Efferata, Gereja Kristen Indonesia di Kecamatan Kuningan, sejumlah gereja di Kecamatan Cigugur dan beberapa Pos Pam yang ada di Kabupaten Kuningan.

Bupati menyampaikan, Pemerintah Daerah selalu menjalin koordinasi dengan jajaran aparat keamanan, baik itu pihak Kepolisian dan TNI, guna memastikan jaminan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani selama menjalankan perayaan Natal 2020.

Pihaknya mengaku Pemerintah Kabupaten juga sudah berkoordinasi dengan tokoh Kristen dan Katolik bahwa setiap gereja melaksanakan perayaan misa natal sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami bersama Forkopimda berkeliling memantau langsung pelaksanaan misa natal di gereja-gereja, untuk memastikan pengkondisian yang sudah dilakukan oleh aparat. dan, saya monitor sejauh ini lancar, semua gereja sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga umat Kristiani dapat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan ibadahnya,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kuningan menuturkan, terciptanya situasi aman dan kondusif pada malam Misa Natal adalah berkat kesolidan dan kekompakan peran Kepolisian, TNI, serta dibantu Organisasi Masyarakat.

“Alhamdulillah, pelaksanaan perayaan Misa Natal dalam keadaan aman dan kondusif. Semoga keadaan aman dan kondusif ini berjalan baik hingga perayaan Tahun Baru 2021,” tuturnya. (KF-23)
Share:
Komentar

Berita Terkini