Pembangunan Jaringan Irigasi di Desa Sindang Cikijing

Editor: Redaksi author photo
Cikijing - Hasil pantauan reporter Jabarsatu.id hari Rabu tanggal 21/04/2021, pada kegiatan Kelompok P3-TGAI “Tayuman” yang ada di Desa Sindang Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat berjalan lancar. Masyarakat terlihat kompak, dalam melaksanakan pembangunan irigasi Tersier ini.

Kegiatan P3-TGAI ini dilaksanakan dengan menggunakan metode swakelola P3A, dengan biaya pelaksanaan dari BBWS Cimanuk Cisanggarung yang dananya langsung ditransfer ke rekening P3A.

Ketua Kelompok P3A Suhendra mengatakan, "bahwa kelompok Tani Tayuman mendapatkan bantuan kelompok, Yang nilainya kurang lebih 195 juta Untuk kegiatan P3A".

Sementara itu Kepala Desa Eka Yuliana membenarkan, "Selama kegiatan P3-TGAI berlangsung, jaringan tersier dilokasi Dawuan Konda sepanjang 444 meter ini dalam waktu 60 hari kalender didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI dari BBWS Cimanuk Cisanggarung ucapnya."

Yang tujuan utamanya untuk pemberdayaan Kelompok P3A, meningkatkan kinerja jaringan irigasi tersier. Kegiatan yang menujukan bentuk pelaksanaan padat karya akibat dampak Covid-19, yang mampu menyerap tenaga kerja masyarakat.

Kegiatan yang sedang dilaksanakan di Kelompok irigasi Tayuman adalah program perbaikan, rehabilitasi, atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta pemberdayaan masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Dalam rangka mendukung kedaulatan pangan nasional, sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ketujuh.
Share:
Komentar

Berita Terkini