Walikota Cirebon Dukung Empat Raperda Inisiasi DPRD

Editor: Redaksi author photo

CIREBON – Walikota Cirebon mendukung empat rancangan peraturan daerah (raperda) inisiasi DPRD untuk segera dikaji dan disahkan menjadi perda. Sebab, empat raperda inisiasi DPRD ini bagian dari upaya peningkatan pelayanan di Kota Cirebon.

Hal itu disampaikan Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH saat rapat paripurna tentang penyampaian raperda yang berasal dari DPRD di ruang Adipura Balaikota Cirebon, Rabu (14/4/2021).

Seluruh fraksi mengapresiasi tanggapan walikota atas empat raperda inisiasi DPRD, yakni Raperda tentang Penyelenggaraan Smart City atau Cirebon Kota Cerdas, Raperda tentang Penyelenggaraan Utilitas Kabel, Raperda tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, serta Raperda Konservasi Air Tanah Melalui Sumur dan Lubang Resapan Biopori.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan, keempat raperda inisiasi DPRD itu merupakan bagian penting yang harus segera dikaji. “Tentunya Pemkot Cirebon mendukung. Dan, siap membahas bersama-sama untuk memperjuangkan empat raperda ini menjadi perda,” kata Azis.

Azis berharap empat raperda itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon. Azis juga mendorong percepatan pembahasan empat raperda itu menjadi perda.

“Pemerintah menyambut baik, dan melalui tim asistensi pemerintah daerah siap segera membahas (raperda) dengan pansus yang sudah dibentuk. Semoga apa yang kita kerjakan ini sesuatu yang baik untuk masyarakat,” katanya.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd mengapresiasi pendapat walikota. Affiati mengatakan, rapat paripurna tersebut merupakan tindak lanjut dari sebelumnya, yaitu rapat paripurna pada tanggal 5 April tentang pengambilan keputusan terhadap empat raperda hasil inisiasi DPRD.

“Sesuai dengan aturan, keempat raperda ini kita sampaikan kepada kepala daerah atau walikota. Kemudian tanggapan fraksi-fraksi sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD, dan Peraturan DPRD Kota Cirebon,” kata Affiati.

Affiati menyampaikan, DPRD telah membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas masing-masing raperda yang dibahas dalam rapat paripurna hari ini. “Kami berharap pansus yang telah dibentuk ini dapat melakukan pembahasan secara cermat, teliti, efektif, dan efesien,” kata  Affiati.

Share:
Komentar

Berita Terkini