Proses Pembuatan Siomay

Editor: Redaksi author photo

Banyak sekali makanan yang sering kita jumpai dari bahan baku ikan, seperti siomay pempek dan bakso ikan. Kita ambil salah satunya yaitu siomay, siomay merupakan jajanan yang terbuat dari bahan baku ikan tenggiri.

Siomay merupakan olahan makanan dari ikan tenggiri, ikan yang termasuk dalam kelompok Spanish mackerel ini mengandung asam lemak omega 3, vitamin B12, dan selenium. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radiasi bebas.

Produk siomay awalnya hanyalah salah satu menu yang terdapat dalam makanan dim sum. Siomay pun dibuat dengan cincangan daging yang dibaluti oleh kulit pangsit. Namun ternyata siomay di Indonesia berubah bentuk, karena isinya bukan lagi daging, melainkan ikan tenggiri, udang, atau pun ayam, jadi dijamin siomay Indonesia pasti halal.

Di desa Babakansari kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, Jajanan siomay juga sering ditemui salah satu pedagang siomay yang menggunakan bahan baku ikan tenggiri adalah bapak Aam Kurniawan. Beliau mulai merintis usahanya pada tahun 2012 dan berlangsung hingga sekarang.

Sasaran konsumen

Masyarakat pada umumnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Proses olahan :

Total waktu penyajian : 60 menitU

ntuk penyajian : 3 porsi

Judul resep : Resep siomay ikan tenggiri yang empuk dan gurih

Kategori : makanan laut

Masakan : siomay ikan tenggiri

Durasi persiapan : 30 menit

Durasi masakan : 30 menit

Total durasi : 60 menit

Bahan :

15 Lembar kulit pangsit

Adonan isi :

500 gram fillet daging tenggiri

1 butir telur ayam

2 sdm tepung kanji

2 siung bawang putih, parut

½ sdt merica bubuk

1 sdm kaldu jamur

1 sdt garam

Saus kacang :

1 sdm air jeruk limau

250 ml air

Giling halus :

100 gram kacang tanah goreng

2 siung bawang putih

3 buah cabe merah keriting

1 sdt gula pasir

1 sdt garam

Cara membuat :

Cincang halus daging ikan tenggiri. Campur dengan telur, tepung kanji, merica, kaldu jamur, bawang putih dan daun bawang iris. Aduk hingga benar-benar kalis.

Ambil selembar kulit pangsit, taruh 1 sdm adonan ikan ditengahnya . lipat keliling sisi kulitnya sambal tekan dengan jempol DNA telunjuk hingga padat. Susun diatas Loyang atau diwadah tahan panas, kukus dalam kukusan panas selama 30 menit lalu angkat dan sajikan hangat dengan saus kacangnya.

Saus : campur bumbu kacang yang digiling halus dengan air lalu masak diatas api kecil hingga mendidih dan kental. Angkat dan dinginkan, saat akan disajikan tambahkan air jeruk limau aduk rata.

Jadi dapat disimpulkan, semakin banyak inovasi makanan semakin banyak juga peluang usaha. Untuk yang bingung cari usaha, bukan hanya bisa membuka banyak peluang tetapi juga jika usaha kita sudah maju bisa membantu orang lain yang ingin membuka usaha tapi mempunyai keter batasan ekonomi. (Eko Prasetyo Sutarjo)

Share:
Komentar

Berita Terkini